Riwayat 5 Imam Madzhab Fiqih
IMAM JA’FAR (80-148H/699-765M)
Ja’far
Ash-Shadiq adalah Ja’far bin Muhammad Al-Baqir bin Ali Zainal Abidin bin Husein
bin Ali bin Abi Thalib salâmullâhi ‘alaihi suami
Fatimah Az-Zahra binti Rasulullah Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa ‘Alihi
wa Sallam Beliau dilahirkan pada tahun 80
Hijriah (699 M). Ibunya bernama Ummu Farwah binti Al-Qasin bin Muhammad bin Abu
Bakar As-Siddiq. Pada beliaulah terdapat perpaduan darah Nabi Shallallahu
‘Alaihi wa ‘Alihi wa Sallam dengan Abu Bakar
As-Siddiq. Beliau berguru langsung dengan ayahnya – Muhammad Al-Baqir – di
sekolah ayahnya, yang banyak melahirkan tokoh-tokoh ulama besar Islam.
Ja’far Ash-Shadiq adalah seorang ulama besar dalam banyak bidang ilmu,
seperti ilmu filsafat, tasauf, fiqh, kimia dan ilmu kedokteran. Beliau adalah Imam
yang keenam dari dua belas Imam dalam mazhab Syi’ah imamiyah. 3
12 Imam: Ali bin Abi Thalib; Hasan bin Ali; Husein bin Ali; Ali Zainal Abidin
Muhammad Al-Baqir; Ja’far Ash-Shadiq; Musa Al-Khadhim; Ali Ridha; Muhammad
Al-Jawad; Ali Al-Hadi; Hasan Al-Askari; Mahdi Al-Muntadhar. Dikalangan
kaum sufi beliau adalah guru dan syaikh yang besar dan di kalangan ahli kimia
beliau di anggap sebagai pelopor ilmu kimia. Di antaranya beliau menjadi guru
Jabir bin Hayyam – ahli kimia dan kedokteran Islam. Dalam mazhab Syi’ah, fiqih
Ja’fariahlah sebagai fiqih mereka, karena sebelum Ja’far Ash-Shadiq dan pada
masanya tidak ada perselisihan. Perselisihan dan perbedaan pendapat baru muncul
setelah masa beliau. Ahli Sunnah berpendapat bahwa Ja’far Ash-Shadiq
adalah seorang mujtahid dalam ilmu fiqh, yang mana beliau sudah mencapai
ketingkat ladunni, beliau dianggap sebagai sufi ahli Sunnah di kalangan
syaikh-syaikh mereka yang besar, serta padanyalah tempat puncak pengetahuan dan
darah Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa ‘Alihi wa Sallam yang suci. Syahrastani mengatakan bahwa
Ja’far Ash-Shadiq adalah seorang yang berpengetahuan luas dalam agama,
mempunyai budi pekerti yang sempurna serta sangat bijaksana, zahid dari
keduniaan, jauh segala hawa nafsu. Imam Abu Hanifah berkata: “Saya tidak
dapati orang yang lebih faqih dari Ja’far bin Muhammad”. George Zaidan
berkata: “Diantara muridnya adalah Abu Hanifah (Wafat 150 H/767 M), Malik bin
Anas (Wafat 179 H/795 M) dan Wasil bin Ata’ (Wafat 181 H/797 M)”. Abu Nuaim
mengatakan babwa di antara murid beliau juga ialah Muslim bin Al-Hayaj, perawi
hadis sahih yang masyhur. Bahkan riwayat lain mengatakan bahwa di Kufah,
sedikitnya ada 900 orang Syaikh belajar kepada beliau di masjid Kufah. Abu
Zuhrah berkata: “Beliau (Ja’far Ash-Shadiq) berpandukan Kitab Allah
(Al-Qur’an), pengetahuan serta pandangan beliau sangat jelas, beliau
mengeluarkan hukum-hukum fiqh dari nash-nashnya, beliau berpandukan kepada
sunnah, sesungguhnya beliau tidak mengambil melainkan hadis riwayat Ahli Bait
(Keluarga Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa ‘Alihi wa Sallam )”.
IMAM ABU
HANIFAH (80-150H/699-767M)
Imam Abu Hanifah, pendiri mazhab Hanafi,
adalah Abu Hanifah An-Nukman bin Tsabit bin Zufi At-Tamimi. Beliau masih
mempunyai pertalian hubungan kekeluargaan dengan Imam Ali bin Abi Thalib salâmullâhi ‘alaihi. Imam Ali salâmullâhi
‘alaihi bahkan pernah berdoa bagi Tsabit, yakni agar
Allah memberkahi keturunannya. Tak heran, jika kemudian dari keturunan Tsabit
ini, muncul seorang ulama besar seperd Abu Hanifah. Dilahirkan di Kufah
pada tahun 150 H/699 M, pada masa pemerintahan Al-Qalid bin Abdul Malik, Abu
Hanifah selanjutnya menghabiskan masa kecil dan tumbuh menjadi dewasa di sana.
Sejak masih kanak-kanak, beliau telah mengkaji dan menghafal Al-Qur’an. Beliau
dengan tekun senantiasa mengulang-ulang bacaannya, sehingga ayat-ayat suci
tersebut tetap terjaga dengan baik dalam ingatannya, sekaligus menjadikan
beliau lebih mendalami makna yang dikandung ayat-ayat tersebut. Dalam hal
memperdalam pengetahuannya tentang Al-Qur’an beliau sempat berguru kepada Imam
Asin, seorang ulama terkenal pada masa itu. Selain memperdalam Al-Qur’an,
beliau juga aktif mempelajari ilmu fiqh. Dalam hal ini kalangan sahabat
Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa ‘Alihi wa Sallam, diantaranya kepada Anas bin Malik, Abdullah bin Aufa dan
Abu Tufail Amir, dan lain sebagainya. Dari mereka, beliau juga mendalami ilmu
hadis. Keluarga Abu Hanifah sebenarnya adalah keluarga pedagang. Beliau
sendiri sempat terlibat dalam usaha perdagangan, namun hanya sebentar sebelum beliau
memusatkan perhatian pada soal-soal keilmuaan. Beliau juga dikenal sebagai
orang yang sangat tekun dalam mempelajari ilmu. Sebagai gambaran, beliau
pernah belajar fiqh kepada ulama yang paling terpandang pada masa itu, yakni
Humad bin Abu Sulaiman, tidak kurang dari 18 tahun lamanya. Setelah wafat
guru-nya, Imam Hanifah kemudian mulai mengajar di banyak majlis ilmu di
Kufah. Sepuluh tahun sepeninggal gurunya, yakni pada tahun 130 H. Imam Abu
Hanifah pergi meninggalkan Kufah menuju Makkah. Beliau tinggal beberapa tahun
lamanya di sana, dan di tempat itu pula beliau bertemu dengan salah seorang
murid Abdullah bin Abbas ra. Semasa hidupnya, Imam Abu Hanifah dikenal
sebagai seorang yang sangat dalam ilmunya, ahli zuhud, sangat tawadhu’, dan
sangat teguh memegang ajaran agama. Beliau tidak tertarik kepada
jabatan-jabatan resmi kenegaraan, sehingga beliau pernah menolak tawaran
sebagai hakim (Qadhi) yang ditawarkan oleh Al-Mansur. Konon, karena
penolakannya itu beliau kemudian dipenjarakan hingga akhir hayatnya.
IMAM MALIK BIN ANAS(93-179H/712-795M)
Imam Malik bin Anas, pendiri mazhab
Maliki, dilahirkan di Madinah, pada tahun 93 H. Beliau berasal dari Kablah
Yamniah. Sejak kecil beliau telah rajin menghadiri majlis-majlis ilmu
pengetahuan, seliingga sejak kecil itu pula beliau telah hafal Al-Qur’an. Tak
kurang dari itu, ibundanya sendiri yang mendorong Imam Malik untuk senantiasa
giat menuntut ilmu. Pada mulanya beliau belajar dari Ribiah, seorang ulama
yang sangat terkenal pada waktu itu. Selain itu, beliau juga memperdalam hadis
kepada Ibn Syihab, disamping itu juga mempelajari ilmu fiqh dari para
sahabat. Karena ketekunan dan kecerdasannya, Imam Malik tumbuh sebagai
seorang ulama yang terkemuka, terutama dalam bidang ilmu hadis dan fiqh. Bukti
atas hal itu, adalah ucapan Al-Dahlami ketika dia berkata: “Malik adalah orang
yang paling ahli dalam bidang hadis di Madinah, yang paling mengetahui tentang
keputusan-keputusan Umar, yang paling mengerti tentang pendapat-pendapat
Abdullah bin Umar, Aisyah, dan sahabat-sahabat mereka, atas dasar itulah dia
memberi fatwa. Apabila diajukan kepada suatu masalah, dia menjelaskan dan
memberi fatwa”. Setelah mencapai tingkat yang tinggi dalam bidang ilmu
itulah, Imam Malik mulai mengajar, karena beliau merasa memiliki kewajiban untuk
membagi pengetahuannya kepada orang lain yang membutuhkan. Meski begitu,
beliau dikenal sangat berhati-hati dalam memberi fatwa. Beliau tak lupa untuk
terlebih dahulu meneliti hadis-hadis Rasulullah Shallallahu
‘Alaihi wa ‘Alihi wa Sallam, dan bermusyawarah dengan
ulama lain, sebelum kemudian mmberikan fatwa atas suatu masalah. Diriwayatkan,
bahwa beliau mempunyai tujuh puluh orang yang biasa diajak bermusyawarah untuk
mengeluarkan suatu fatwa. Imam Malik dikenal mempunyai daya ingat yang
sangat kuat. Pernah, beliau mendengar tiga puluh satu hadis dari Ibn Syihab
tanpa menulisnya. Dan ketika kepadanya diminta mengulangi seluruh hadis
tersebut, tak satu pun dilupakannya. Imam Malik benar-benar mengasah ketajaman
daya ingatannya, terlebih lagi karena pada masa itu masih belum terdapat suatu
kumpulan hadis secara tertulis. Karenanya karunia tersebut sangat menunjang
beliau dalam menuntut ilmu. Selain itu, beliau dikenal sangat ikhlas di
dalam melakukan sesuatu. Sifat inilah kiranya yang memberi kemudahan kepada
beliau di dalam mengkaji ilmu pengetahuan. Beliau sendiri pernah
berkata: “Ilmu itu adalah cahaya; ia akan mudah dicapai dengan hati yang
takwa dan khusyu”. Beliau juga menasehatkan untuk menghindari keraguan, ketika
beliau berkata: “Sebaik-baik pekerjaan adalah yang jelas. Jika engkau
menghadapi dua hal, dan salah satunya meragukan, maka kerjakanlah yang lebih
meyakinkan menurutmu”. Karena sifat ikhlasnya yang besar itulah, maka Imam
Malik tampak enggan memberi fatwa yang berhubungan dengan soal hukuman. Seorang
muridnya, Ibnu Wahab, berkata: “Saya Mendengar Imam Malik (jika ditanya
mengenai hukuman), beliau berkata: Ini adalah urusan pemerintahan.” Iman
Syafi’i sendiri pernah berkata: “Ketika aku tiba di Madinah, aku bertemu dengan
Imam Malik. Ketika mendengar suaraku, beliau memandang diriku beberapa saat,
kemudian bertanya: Siapa namamu? Akupun menjawab: Muhammad! Dia berkata lagi:
Wahai Muhammad, bertaqwalah kepada Allah, jauhilah maksiat karena ia akan
membebanimu terus, hari demi hari”. Tak pelak, Imam Malik adalah seorang
ulama yang sangat terkemuka, terutama dalam ilmu hadis dan fiqh. Beliau
mencapai tingkat yang sangat tinggi dalam kedua cabang ilmu tersebut. Imam
Malik bahkan telah menulis kitab Al-Muwaththa’, yang merupakan kitab hadis dan
fiqh. Imam Malik meninggal dunia pada usia 86 tahun. Namun demikian,
mazhab Maliki tersebar luas dan dianut dibanyak bagian di seluruh penjuru
dunia.
IMAM SYAFI’I(150-204H/769-820M)
Imam Syafi’i, yang dikenal sebagai pendiri
mazhab Syafi’i adalah: Muhammad bin Idris Asy-Syafi’i Al-Quraisyi. Beliau
dilahirkan di Ghazzah, pada tahun 150 H, bertepatan dengan wafatnya Imam Abu
Hanifah. Meski dibesarkan dalam keadaan yatim dan dalam satu keluarga yang
miskin, tidak menjadikan beliau merasa rendah diri, apalagi malas. Sebaliknya,
beliau bahkan giat mempelajari hadis dari ulama-ulama hadis yang banyak
terdapat di Makkah. Pada usianya yang masih kecil, beliau juga telah hafal
Al-Qur’an. Pada usianya yang ke-20, beliau meninggalkan Makkah mempelajari
ilmu fiqh dari Imam Malik. Merasa masih harus memperdalam pengetahuannya,
beliau kemudian pergi ke Iraq, sekali lagi mempelajari fiqh, dari murid Imam
Abu Hanifah yang masih ada. Dalam perantauannya tersebut, beliau juga sempat
mengunjungi Persia, dan beberapa tempat lain. Setelah wafat Imam Malik
(179 H), beliau kemudian pergi ke Yaman, menetap dan mengajarkan ilmu di sana,
bersama Harun Al-Rasyid, yang telah mendengar tentang kehebatan beliau,
kemudian meminta beliau untuk datang ke Baghdad. Imam Syafi’i memenuhi undangan
tersebut. Sejak saat itu beliau dikenal secara lebih luas, dan banyak orang
belajar kepadanya. Pada waktu itulah mazhab beliau mulai dikenal. Tak lama
setelah itu, Imam Syafi’i kembali ke Makkah dan mengajar rombongan jamaah haji
yang datang dari berbagai penjuru. Melalui mereka inilah, mazhab Syafi’i
menjadi tersebar luas ke penjuru dunia. Pada tahun 198 H, beliau pergi ke
negeri Mesir. Beliau mengajar di masjid Amru bin As. Beliau juga menulis kitab
Al-Um, Amali Kubra, kitab Risalah, Ushul Al-Fiqh, dan memperkenalkan Wauljadid
sebagai mazhab baru. Adapun dalam hal menyusun kitab Ushul Fiqh, imam Syafi’i
dikenal sebagai orang pertama yang mempelopori penulisan dalam bidang
tersebut. Di Mesir inilah akhirnya Imam Syafi’i wafat, setelah menyebarkan
ilmu dan manfaat kepada banyak orang. Kitab-kitab beliau hingga kini masih
dibaca orang, dan makam beliau di Mesir sampai detik ini masih ramai di ziarahi
orang. Sedang murid-murid beliau yang terkenal, diantaranya adalah: Muhammad
bin Abdullah bin Al-Hakam, Abu Ibrahim bin Ismail bin Yahya Al-Muzani, Abu
Ya’qub Yusuf bin Yahya Al-Buwaiti dan lain sebagainya-
IMAM AHMAD HAMBALI(164-241 H/780-855 M)
Imam Ahmad Hambali adalah Abu Abdullah
Ahmad bin Muhammad bin Hambal bin Hilal Al-Syaibani. Beliau dilahirkan di Baghdad
pada bulan Rabiul Awal tahun 164 H (780 M). Ahmad bin Hambal dibesarkan
dalam keadaan yatim oleh ibunya, karena ayahnya meninggal ketika beliau masih
bayi. Sejak kecil beliau telah menunjukkan sifat dan pribadi yang mulia,
sehingga menarik simpati banyak orang. Dan sejak kecil itu pula beliau telah menunjukkan
minat yang besar kepada ilmu pengetahuan, kebetulan pada saat itu Baghdad
merupakan kota pusat ilmu pengetahuan. Beliau memulai dengan belajar menghafal
Al-Qur’an, kemudian belajar bahasa Arab, Hadis, sejarah Nabi dan sejarah
sahabat serta para tabi’in. Untuk memperdalam ilmu, beliau pergi ke Basrah
untuk beberapa kali, di sanalah beliau bertemu dengan Imam Syafi’i. Beliau juga
pergi menuntut ilmu ke Yaman dan Mesir. Di antaranya guru beliau yang lain
adalah Yusuf Al-Hasan bin Ziad, Husyaim, Umair, Ibn Humam dan Ibn Abbas. Imam
Ahmad bin Hambal banyak mempelajari dan meriwayatkan hadis, dan beliau tidak
mengambil hadis, kecuali hadis-hadis yang sudah jelas sahihnya. Oleh karena
itu, akhirnya beliau berhasil mengarang kitab hadis, yang terkenal dengan nama
Musnad Ahmad Hambali. Beliau mulai mengajar ketika berusia empat puluh
tahun. Pada masa pemerintahan Al-Muktasim – Khalifah Abbasiyah beliau
sempat dipenjara, karena sependapat dengan opini yang mengatakan bahwa
Al-Qur’an adalah makhluk. Beliau dibebaskan pada masa Khalifah
Al-Mutawakkil. Imam Ahmad Hambali wafat di Baghdad pada usia 77 tahun,
atau tepatnya pada tahun 241 H (855 M) pada masa pemerintahan Khalifah
Al-Wathiq. Sepeninggal beliau, mazhab Hambali berkembang luas dan menjadi salah
satu mazhab yang memiliki banyak penganut
http://riwayat5imammadzahb.wordpress.com/
Komentar